Iklan
jump to navigation

Honda New CBR 150R – Performa, Teknologi, Konsumsi BBM, Handling, Ergonomi September 14, 2014

Posted by prasetyo676 in Honda.
Tags: , , , , ,
trackback

Prast 676 – Salam penuh semangat brother dan sister, semoga selalu dalam keadaan sehat dan lancar dalam menjalankan aktifitas.
Masih seputar Honda All New CBR 150R, berdasarkan informasi dari blogger kondang, bang Kobay, kobayogas.com, bahwa pada tanggal 13 September 2014, akan dilaksanakan launching New CBR 150R di Bandung, yg bertempat di Bandung Indah Plaza. Acara akan dilangsungkan mulai pukul 18.00 sampai dengan selesai.
Selain acara launching new product CBR 150R produksi lokal tersebut, acara ini sekaligus sebagai ajang gathering blogger / kopdar bagi blogger-blogger di wilayah Jawa Barat.
Sebenarnya saya sangat ingin bisa hadir juga pada acara tersebut, karena bisa bertemu sekaligus bersilaturahmi dengan para rekan-rekan blogger di wilayah Jawa Barat, karena selama ini masih sekedar komunikasi lewat dunia maya. Tapi ternyata untuk kesempatan kali ini masih belum memungkinkan, semoga di next chance bisa ikutan.


image

Oke, lanjut lagi, langsung saja ke bahasan artikel kali ini, melanjutkan isi artikel sebelumnya. Bagi yg belum membacanya, silahkan klik link berikut ini :

Honda New CBR 150R – Desain, Fitur, Pilihan Warna | prasetyo676.com
https://prasetyo676.com/2014/09/12/honda-new-cbr-150r-desain-fitur-pilihan-warna/

Serta :

Honda New CBR 150R vs Yamaha YZF R15 – Adu Genuine Aksesoris dan Spesifikasi Motor | prasetyo676.com
https://prasetyo676.com/2014/09/11/honda-new-cbr-150r-vs-yamaha-yzf-r15-adu-genuine-aksesoris-dan-spesifikasi-motor/

Pembahasan mengenai New CBR 150R produksi lokal ini sebenarnya sudah lengkap dipaparkan di beberapa blog ternama, namun tidak ada salahnya dibahas juga di sini.
Yup, banyak testimoni positif terhadap jagoan terbaru dari AHM untuk kelas sport full fairing 150cc ini. Mulai dari akselerasi yg mantap, handling yg oke punya, riding position yg nyaman, dll.
Berarti pengembangan New CBR 150R lokal yg kabarnya sudah dilakukan sejak 2 tahun yg lalu, akhirnya membuahkan hasil yg bagus. Tinggal menunggu penerimaan pasar terhadap produk tersebut.

Oke langsung saja ke isi pembahasan kali ini :

1. Performa.

a. Power :

Power Honda All New CBR 150R ini diklaim lebih besar dari kompetiornya. Sang CBR 150R mampu mengeluarkan power 17.1 PS pada 10500 rpm. Sedangkan sang kompetitor memiliki power 16.59 PS pada 8500 rpm. Melihat data tersebut, CBR 150R memang unggul output power tapi nilai tersebut didapat pada putaran mesin yg lebih tinggi, yaitu 10500 rpm, sedangkan kompetitornya sudah mendapat maksimum power nya pada 8500 rpm.
Secara teori, semakin tinggi putaran mesin untuk meraih peak power, maka akan sangat cocok buat digeber di rpm tinggi semisal buat balap atau melintasi trek luar kota, tetapi agak kurang cocok buat stop and go. Namun, tunggu dulu sobat, ternyata berdasarkan testimoni dan hasil pengetesan salah satu blogger ternama, menunjukkan sang New CBR 150R dapat berakselerasi dengan cepat. Karena akselerasi lebih cepat, maka masih cocok buat stop and go di jalanan padat khas perkotaan. Nah, nilai power di atas di ukur di kruk as, sehingga masih melalui beberapa komponen lagi agar bisa tersalur ke roda, dan kemudian ke jalanan.
Yup, diantara komponen-komponen tersebut, salah satunya adalah rantai dan gear. New CBR 150R ini memiliki ukuran gear belakang dengan mata gear berjumlah 46. Tentu lebih besar dari versi sebelumnya yg hanya 43 mata. Secara teori, semakin besar jumlah mata pada gear belakang, maka momen puntir pada roda belakang akan lebih besar, sehingga imbasnya adalah akselerasi yg lebih ringan dan cepat.
Jumlah mata gear ini hanyalah salah satu faktor, masih banyak beberapa faktor lainnya.

image

b. Akselerasi :

Seperti sudah dibahas di atas, bahwa akselerasi New CBR 150R ini mengalami peningkatan dibanding versi sebelumnya. Untuk mencapai jarak 200 meter dari keadaan diam, hanya perlu waktu 10.7 detik saja.
Lebih cepat dari versi sebelumnya yg membutuhkan waktu 11.0 detik.

image

c. Kecepatan Maksimum :

Berdasarkan pengetesan internal AHM, All New CBR 150R mampu meraih kecepatan maksimum 131 km/jam, sedangkan CBR 150R versi CBU 130 km/jam. Jadi meskipun jumlah mata gear belakang mengalami peningkatan dari 43 mata, menjadi 46 mata, ternyata kecepatan maksimum tetap tinggi. Itu berdasarkan hasil pengetesan pihak pabrikan ya.

image

2. Teknologi.

a. Mesin DOHC, 6 Speed, PGM-FI :

All New CBR 150R ini menggunakan mesin dengan teknologi DOHC (Double Overhead Camshaft) yg biasa diaplikasi oleh motor-motor supersport atau motor balap.
Selain itu, mesin ini juga didukung transmisi 6 speed manual gearbox, sehingga lebih rapat ratio nya dibandingkan dengan transmisi yg mengadopsi 5 speed.

image

Seperti halnya produk-produk sepeda motor Honda terkini, sistem pengabut bahan bakar sudah mengadopsi PGM-FI.

image

b. Radiator dengan Auto Fan :

Dan seperti umumnya motor masa kini, All New CBR 150R juga sudah dilengkapi radiator yg disertai Auto Fan, sehingga mengurangi resiko mesin overheat saat menembus kemacetan.

image

3. Konsumsi Bahan Bakar, Emisi dan Fitur Keamanan.

a. Konsumsi Bahan Bakar :

Berdasarkan pengetesan pihak Honda, dengan metode ECE R40, konsumsi bbm (bahan bakar minyak) adalah 35.2 km/liter.
Konsumsi bbm ini diklaim lebih irit dari CBR 150R versi CBU yg hanya mencapai 33.1 km/liter.

image

b. Emisi :

All New CBR 150R ini juga sudah dilengkapi dengan O2 sensor.
Sensor ini yg sempat absen keberadaannya pada Honda CB 150R Street Fire.

image

Untuk mengurangi emisi gas buang, sang New CBR 150R ini juga dilengkapi dengan Catalytic Converter.

image

Hasilnya, All New CBR 150R ini sudah lolos standard Euro 3. Emisi gas buang yg dihasilkan masih di dalam standard Euro 3 yg ditetapkan, diantaranya adalah :
– CO : 2.00 gr/km
– HC : 0.80 gr /km
– NOx : 0.15 gr/km

image

c. Fitur Keamanan :

Untuk mendukung keamanan, maka motor ini dilengkapi dengan Bank Angle Sensor. Yup, fitur yg umum hadir pada motor-motor masa kini.
Fungsi Bank Angle Sensor adalah mematikan kinerja mesin, apabila motor terjatuh, dengan range kemiringan maksimum melebihi 75 derajat selama beberapa detik.

image

4. Handling.

Seperti diakui para blogger dan media yg sudah melakukan test ride, All New CBR 150R ini memiliki handling yg bagus, enak buat diajak manuver, dan tetap stabil.

a. Racing Truss Frame :

All New Honda CBR 150R ini mengadopsi Truss Frame, sebagai pengganti frame tipe twin spar atau biasa dikenal dengan istilah deltabox yg digunakan oleh CBR 150R versi CBU dari Thailand.
Yup, meskipun mengadopsi rangka model pipa “truss frame”, tetapi dengan perhitungan serta pemilihan material yg tepat, maka tetap bisa menghasilkan handling yg berkualitas, serta tetap nyaman dikendarai, karena getaran yg dirasakan lebih minim.

image

b. Pro Link Suspension :

Kestabilan saat melakukan manuver, serta kenyamanan peredaman saat melewati jalanan bergelombang atau tidak rata, juga didukung oleh sistem Pro Link pada sistem suspensi untuk roda belakang.
Yup, sistem Pro Link merupakan sistem suspensi khas Honda yg biasa diaplikasi pada motor-motor sport buatannya.
Sistem suspensi Pro Link ini juga absen di CBR 150R versi CBU buatan Thailand.

image

c. Radius Putar 2.6 Meter :

Honda All New CBR 150R ini memiliki radius putar 2.6 meter, sehingga mendukungnya saat memutar arah, misalnya saat di parkiran maupun saat bermanuver putar arah.

image

Radius putar sebesar 2.6 meter tersebut didukung oleh Steering Angle sebesar 70 derajat, sehingga memudahkan handling-nya.

image

5. Ergonomi.

Seperti layaknya produk Honda secara umum, untuk faktor ergonomi motor ini termasuk bersahabat untuk para rider segala usia.
Yup, seperti kita ketahui bersama, bahwa Honda biasa mendesain motornya agar easy riding dan nyaman. Bahkan termasuk ke kelas superbike maupun supersport nya.
Posisi berkendara terlihat sporty, tetapI tidak terlalu merunduk, sehingga sang rider tidak cepat lelah saat mengendarainya.

image

Selain itu, motor ini juga dilengkapi dengan behel sebagai pegangan boncenger, maupun saat menggeser motor di parkiran.
Jok boncenger model bertingkat, tetapi masih menyatu dengan jok sang rider, sehingga bagi yg dibonceng masih merasa nyaman saat menemani rider berkendara membelah jalanan. πŸ™‚

image

Demikian pembahasan mengenai All New CBR 150R buatan lokal pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat, dan terima kasih sudah berkenan mampir ke blog ini.
So, bagaima pendapat sobat mengenai All New CBR 150R buatan lokal ini? Apakah siap untuk dibeli? Silahkan share pendapat sobat di kolom komentar.
Silahkan indent bagi yg berminat.. hehehe… πŸ™‚
(Prast)

Iklan

Komentar»

1. macantua - September 14, 2014
prasetyo676 - September 14, 2014

Nah ini full report nya, yg di Bandung.. mantap mas..
Padahal pengen ikutan juga, asik nih bisa ngumpul2..

Suka

R25 - September 15, 2014

rangka mesin cbr150 lokal kelihatan ringkih,,,,,kopong n melompong…..gampang patah n oleng n koplok….

Suka

prasetyo676 - September 15, 2014

Kalau rangka setiap merk pabrikan apapun, sudah melalui perhitungan matang, dan melalui serangkaian test oleh engineer masing2 pabrikan.

Suka

2. swallowbiru - September 14, 2014

Siap untuk dilihat

Suka

prasetyo676 - September 14, 2014

Hehehe… setelah diliat, selanjutnya terserah kita menentukan keputusan. πŸ™‚

Suka

3. Kobayogas - September 14, 2014

Kali lain join ya mang…artikelnya josss lengkap pisan jempol

Suka

prasetyo676 - September 14, 2014

Aamiin.. semoga kali lain bisa join kang Kobay.
Makasih nih dah mampir.

Suka

Kobayogas - September 14, 2014

Sipppp

Suka

4. ipanase - September 14, 2014

aku kapan ya

Suka

prasetyo676 - September 14, 2014

Sampeyan mah pasti diundang spesial mas Ipan. Pas ntar di Jogja. Nunggu review khas mas Ipan nih.
Makasih mas dah mampir.

Suka

R25 - September 15, 2014

Honda cuma bisa ikut2an yamaha, kenapa ngga dari dulu CBR150 buat di indonesia, takut sma R15 n R25 buatan yamaha indonesia tapi kualitas ekspor bro…..

Suka

prasetyo676 - September 15, 2014

Biar persaingan makin seru aja mungkin mas. Biar konsumen banyak pilihan. πŸ™‚

Suka

5. warungasep - September 14, 2014
prasetyo676 - September 14, 2014

Gak dimasukin kang. Dah dibahas blogger lain. Saya screen shoot nya aja. Hehehe..

Suka

6. adityaprad - September 14, 2014

Wah josss
jadi pngin test

Suka

prasetyo676 - September 14, 2014

Nyari unit pinjaman atau klo ada yg mau minjemin. Hehehe..
Makasih mas, dah mampir.

Suka

R25 - September 15, 2014

Power beda tipis 11-12,…..kalo dari Yamaha selalu unggul akselarasi n torsi, makanya tentara atw polisi pake motor yamaha…..

Suka

prasetyo676 - September 15, 2014

Memang masing2 ada plus minus, sesuaikan kebutuhan.
Tentara atau polisi banyak juga kok yg pakai Kawasaki malahan.

Suka

7. maculmania - September 15, 2014

ane kok kurang sreg ya,kalo motor sport itu tetep diukur keiritannya… πŸ™‚

Suka

prasetyo676 - September 15, 2014

Ya bagi sebagian konsumen, mereka masih berpikir keiritan mas. Soalnya sebagian belinya juga lewat kredit. Lumayan biaya bensin buat nambah cicilan klo motornya irit. Hehe.. πŸ™‚

Suka

R25 - September 15, 2014

Yang pasti sekarang motor yang irit yamaha bro….motor yamaha biaya perawatan terjangkau, kualitas mesin bandel, buat nanjak, buat jualan, buat ojeg, body kuat ngga kayak honda…skrg banyak masalah pd motornya….mitos motor honda irit sudah ngga berlaku lagi….

Suka

salapan tilu - September 18, 2014

Tapi heran loh penjualan honda kok tinggi ya klo dikatakan boros ama banyak masalah.. binun uy… Soal keawetan mah menurut saiyah ya tergantung pemiliknya jorok apa enggak deh keknya???hehehee….

Suka

prasetyo676 - September 18, 2014

Iya ya mas bro.. Keawetan motor juga tergantung perawatan sang pemilik.
Ibarat tank lapis baja aja klo gak dirawat ya bakal rusak juga.. πŸ™‚

Suka

8. orong-orong - September 15, 2014
prasetyo676 - September 15, 2014

Iya mas klo dah ada unit test nya. πŸ™‚
Makasih kang dah mampir.

Disukai oleh 1 orang

9. aurora - September 15, 2014

topspeed kalah dong sama cb150 yg bisa 151 km/jam

Suka

prasetyo676 - September 15, 2014

Yg CB 150R Street Fire kan itu di speedometer mas. Klo on GPS mungkin kisaran 122 km/jam saja.
Makasih mas dah mampir.

Suka

R25 - September 15, 2014

Kualitas rendah….kalo R15 kualitas ekspor….motor global…..bukan hanya indonesia aja, sekarang sudah mulai ekspor ke thailand, jepang n vietnam….

Suka

prasetyo676 - September 15, 2014

Tidak bisa disimpulkan seperti itu sih mas. Produk juga baru launching.

Suka

salapan tilu - September 18, 2014

betul jg siy.. mungkin nanti juga pasar yg membuktikan kali ya.. mana yg bisa lebih diterima masyarakat…

Suka

prasetyo676 - September 18, 2014

Yg sesuai selera pasar, nanti yg akan laris. Makasih dah berkunjung mas bro.. πŸ™‚

Suka

10. Busa_tio - September 16, 2014

Tak pikir ngetest langsung…

Suka

prasetyo676 - September 16, 2014

Blm mas. Klo dah ada yg minjemin. πŸ™‚
Makasih dah mampir.

Suka

11. Mia Rosalina - September 22, 2014

nggak mau motor nya,, mau kak pedrosa nya -_-

Suka

prasetyo676 - September 22, 2014

Hehehe.. pedrosa nya banyak yg ngerebutin mbak Mia. πŸ™‚
Makasih dah mampir mbak.

Suka

Mia Rosalina - September 23, 2014

katanya bulan oktober ini ada meet n greet kak pedrosa dan kak marquez di jakarta.. bener ya ??

Suka

prasetyo676 - September 23, 2014

Iya memang infonya seperti itu. Mereka akan berkunjung ke Jakarta. Ada beberapa orang yg beruntung yg berkesempatan riding bareng duo jagoan Repsol Honda tersebut. Mengenai tanggal pastinya, masih menunggu informasi lebih lanjut.

Suka

12. wong ndeso - Oktober 5, 2014

yamaha lovers pasti bilang yamaha itu yang terbaik sekalipun banyak kelemahan tetap bilang “yamaha semakin didepan”, begitu juga honda, kawasaki, suzuki dan apapun brand motornya klo suka ya di bangga-banggain….tapi perlu di ingat persediaan minyak bumi ada batasnya, udara dan alam pun sudah tak sehat lagi, sudah saatnya kita ber-evolusi dalam berpikir apakah kita akan terus seperti ini uang-otomotif-gengsi……wake up men…..kita gak bisa selamanya seperti ini, mari kita selamatkan alam ini demi masa depan anak cucu kita…..#salam pecinta alam

Suka

prasetyo676 - Oktober 5, 2014

Moga pemerintah bisa menyediakan angkutan massal yg lebih nyaman, aman, layak, dan tepat waktu. Sehingga rakyat bisa beralih untuk menggunakan angkutan massal untuk mobilitas harian, sehingga lebih menghemat pemakaian bahan bakar minyak.

Suka

Mia Rosalina - November 23, 2014

BBM naek?? pakek Honda πŸ˜€

Suka

prasetyo676 - Oktober 5, 2014

Siiip, kurangi pemakaian bbm, untuk anak cucu.

Suka

13. sambleh - November 18, 2014

yamaha semakin di depan,tapi honda selalu finish duluan…………………….

Suka

14. abank ajah - Desember 2, 2014

Yamaha skr irit… Berarti yamaha ngikutin honda hehee… Honda irit bukan mitos bung! Hehee….

Suka

15. 453e - Desember 22, 2014

gw dah beli bro.. manteb! semua kelebihannya bisa di rasain..
terlebih bwt boncengan “thats GOOD!” soalnya gw klo mau touring / dll.. pasti ajak pacar gw..
tp gw ada masalah dikit. Kenapa pas nurunin gigi 2-1.. rantainya kaya nyantol.. kadang terdengar “trek trek trek”..? ada yg tau??
klo kagak dlm waktu dekat gw bawa ke bengkel πŸ˜€

Suka

prasetyo676 - Desember 22, 2014

Atau mungkin setelan koplingnya belum pas. Untuk lebih tepatnya, bawa saja ke bengkel resmi buat dicek bro..
Makasih dah mampir. Salam kenal.

Suka

16. motorboy - Januari 4, 2015

yamaha r15 tangki kaya vixion gak ada kesan moge, mending ambil cbr 150 body sama gede dgn yg cbr 250, power lbh kuat… dan yg jelas honda pemenang motogp πŸ™‚

Suka

prasetyo676 - Januari 4, 2015

Disesuaikan dengan selera mas. Memang, tangki CBR bentuknya lebih gambot, proporsional dengan dimensi body nya.
Makasih mas dah mampir. Salam kenal.

Suka

17. Top 10 Artikel Terlaris di Blog prasetyo676.com (Edisi 2014) | prasetyo676.com - Januari 4, 2015

[…] Honda New CBR 150R – Performa, Teknologi, Konsumsi BBM, Handling, […]

Disukai oleh 1 orang

18. mangiye - Januari 9, 2015

saya punya nvl dan new cbr 150, kelebihan keduanya, nvl super irit dan new cbr super keren. kalau untuk kenyamanan nvl dan cbr seimbang, ga terlalu beda pakai nvl atau cbr 150 :D, oh yah kalau r15 ga tertarik karena over nungging, coba kalau sama bodinya dng r 25, pastinya keren abis dan nambah koleksi motorku.

Suka

prasetyo676 - Januari 9, 2015

Siip, makasih nih mas sharingnya. Iya mas, beli motor sesuaikan dengan selera dan kebutuhan.
Makasih dah mampir, salam kenal.

Suka

19. Modifikasi Honda All New CBR150R Dengan Delatbox Look Terlihat Makin Padat Berisi – Sistem PnP Nih Gan | prasetyo676.com - Januari 26, 2015

[…] ● Honda New CBR 150R – Performa, Teknologi, Konsumsi BBM, Handling, Ergonomi […]

Suka

20. sugik - Februari 2, 2015

new cbe 150 r (k 45) ciamik

irit, berpairing meskipun kenak angin deras dari samping g oleng, mungkin tu fungsi lubang pairing n beratx motor jd g oleng.
juga d pakek jarak jauh g capek n masik keliatan gaga,
mesin alus.

baru dulu carik gigi netral susah, tp lama kelamaan mudah,

new cbr 150 r ciamik

Suka

prasetyo676 - Februari 2, 2015

Siiip gan..

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: