jump to navigation

Bingung Pilih Beli Mobil Baru atau Second? Simak Panduannya Mei 23, 2021

Posted by prasetyo676 in Car, General, Informasi Umum, Tips & Tricks, Uncategorized.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

BMW Seri 3 E36

Prasetyo676 – Salam penuh semangat.. Sudah lama penulis belum bersua lagi dengan sobat sekalian, semoga di tengah pandemi Covid19 ini kita semua senantiasa diberikan perlindungan dan kesehatan. Aamiin…

Topik bahasan kita kali ini adalah mengenai pertimbangan dalam membeli kendaraan, apakah mau membeli kendaraan baru atau second? Khususnya mobil, karena kompleksitasnya lebih dari pertimbangan membeli motor, maka ini dapat kita jadikan contoh.

Toyota New Rush

Oke, kita bahas saja mengenai pertimbangan apakah lebih prefer membeli mobil baru atau second. Hal-hal utama yang perlu dijadikan pertimbangan adalah sebagai berikut :

1. Budget

Tentu saja budget ini sangat mempengaruhi dalam pengambilan keputusan apakah akan membeli mobil baru atau second. Jika budget cukup untuk membeli mobil baru yang di-inginkan / dicita-citakan, maka prefer untuk membeli mobil baru. Tentu saja dengan catatan jika mobil yang di-inginkan tersebut masih dijual dalam kondisi baru.

Mitsubishi Pajero Sport Dakar

2. Kebutuhan

Faktor kebutuhan memiliki peranan penting dalam menentukan apakah akan membeli mobil baru atau second. Misalnya saja butuh mobil hanya untuk digunakan sesekali saja, misalnya hanya saat weekend, atau jika pas sesekali pergi bareng keluarga, maka opsi membeli mobil second boleh dipertimbangkan. Tetapi jika kebutuhan nya adalah untuk menunjang kebutuhan operasional bisnis, kerjaan, atau mencari nafkah yang intensitas pemakaian sangat tinggi, alangkah tepatnya jika memilih membeli mobil baru, karena tidak bisa dipungkiri bahwa mobil baru akan cenderung lebih minim problem terkait kinerja mobil dan tentu saja mengenai perawatannya karena masih dicover garansi.

BMW 318i E30

3. Cita-cita

Nah hal ke 3 ini tidak kalah pentingnya dibanding 2 point pertama. Cita-cita setiap orang tentu saja berbeda beda. Misalnya saja ada seseorang saat masih sekolah sangat menginginkan mempunyai mobil paling top pada masa itu, tetapi belum kesampaian. Begitu saat ini sudah bekerja, mempunyai penghasilan yang cukup, dan sanggup untuk membeli mobil yang di-impikan nya tersebut maka pilihan nya adalah :

Membeli mobil baru jika mobil yang di-inginkan tersebut masih diproduksi sampai saat ini. Misalnya saja dulu jaman masih muda di tahun 1990an ingin memiliki Mitsubishi L300, tetapi kemampuan finansial baru pada saat ini sanggup untuk membeli mobil impian tersebut. Nah, karena Mitsubishi L300 sampai saat ini masih dijual unit baru nya dan secara tampilan juga masih minim perubahan, maka prefer jika membeli unit baru nya saja. Kecuali jika niatnya adalah untuk sekaligus hobby, pengen mengkoleksi versi lawas nya, maka bisa ambil keputusan untuk cari unit second nya saja.

Membeli mobil second, jika mobil yang di-inginkan ternyata sudah discontinue atau berubah model (tidak seperti yang di-inginkan). Contoh dulu saat sekolah menginginkan BMW 318i E30 yang sangat populer pada masa nya, nah saat ini tentu mobil tersebut sudah tidak dijual dalam kondisi baru, alhasil pilihannya adalah membeli mobil tersebut dalam kondisi second.

Kesimpulan :

Selain 3 point yang sudah kita bahas di atas, tentu saja masih ada faktor – faktor pertimbangan lainnya, tetapi paling tidak 3 point tersebut sudah bisa sebagai panduan dasar ketika memutuskan apakah akan membeli mobil baru atau second.

Hal yang paling utama tentu saja jangan terlalu banyak mendang mending, alias terlalu banyak pertimbangan, banyak pembahasan, tetapi tidak beli juga. Hehehe..

Salam, Prast676.

Komentar»

1. ndesoedisi - Mei 23, 2021

Pertamax 😂

Disukai oleh 1 orang

prasetyo676 - Mei 23, 2021

Matur suwun, dapat kunjungan dari para Senior.

Suka

2. Swallowbiru - Mei 23, 2021

Pertamax sudah di isi. Sy Prasetyo saja..

Disukai oleh 1 orang

prasetyo676 - Mei 23, 2021

Matur suwun Mas Bro 😀

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: