jump to navigation

Ducati Perkenalkan Desmodromic Variable Timing Oktober 17, 2014

Posted by prasetyo676 in Ducati, Motorcycles Technology.
Tags: ,
trackback

image

Prast 676 – Salam penuh semangat brother dan sister, semoga dalam keadaan sehat dan lancar dalam menjalankan aktifitas.
Produsen motor ternama dari Italia, Ducati, memperkenalkan terobosan teknologi terbarunya, yaitu Desmodromic Valve Timing (DVT). Sistem tersebut secara continue mengatur timing katup intake dan exhaust secara independen antara satu dengan yg lainnya, sehingga menghasilkan tenaga mesin yg lebih optimal serta sekaligus memperbaiki efisiensi bahan bakar.

Pada press release Ducati tidak menyebutkan secara spesifik tipe motor yg akan menggunakan mesin berteknologi DVT tersebut, namun disinyalir kadidat utama adalah Multistrada 1200.
Ukuran bore dan stroke masih identik dengan mesin terdahulu, yaitu 106 x 67.9 mm. Tetapi dengan teknologi DVT ini, mesin terbaru ini sanggup menghasilkan tenaga 160 hp pada 9500 rpm. Besarnya tenaga tersebut naik 10 hp kalau dibandingkan dengan Multistrada yg masih dipasarkan saat ini (tenaga 150 hp).
Tidak hanya tenaga saja yg naik, tetapi dengan mesin berteknologi DVT ini juga menghasilkan torsi yg lebih besar, yaitu 100 foot-pounds, tentu saja nilai tersebut lebih besar dibandingkan mesin tanpa DVT yg memiliki torsi 92 foot-pounds.

So, teknologi DVT patut mendapat apresiasi, karena dapat meningkatkan performa mesin (kenaikan tenaga dan torsi), namun memiliki efisiensi bahan bakar yg lebih baik.
(Prast)

E-mail : prasetyo676@gmail.com

Komentar»

1. wtf170 - Oktober 17, 2014

teknolgi biang suara kemrosak semakin update aja

Suka

prasetyo676 - Oktober 17, 2014

Suara kemrosak yg bikin khas Ducati. Ibarat suara penyanyi yg serak2 sedap.. 🙂

Suka

wtf170 - Oktober 17, 2014

Hehehe….

Suka


Tinggalkan komentar