Iklan
jump to navigation

Hasil Komparasi All New CBR 150R vs YZF R15 Berbeda Antar Media – Tidak Perlu Bingung Sobat September 27, 2014

Posted by prasetyo676 in Honda, Yamaha.
Tags: ,
trackback

image

Prast 676 – Salam penuh semangat brother dan sister, semoga dalam keadaan sehat dan lancar dalam menjalankan aktifitas.
Pada saat ini sedang ramai dibicarakan mengenai hasil komparasi antara Honda All New CBR 150R vs Yamaha YZF R15.

image

Yup, pada saat awal kemunculan All New CBR 150R para blogger dan media sudah melakukan test ride, bahkan media nasional MotorPlus sudah melakukan komparasi antara All New CBR 150R dengan YZF R15 di atas mesin dynotest serta performa akselerasi maupun top speed nya. Nah pada beberapa hari ini muncul hasil komparasi antara Honda All New CBR 150R vs Yamaha YZF R15 vs Minerva RX150.
Yg akhirnya menimbulkan polemik adalah kenapa hasilnya jauh berbeda dengan hasil pengujian team MotorPlus?
Pada komparasi yg dilakukan oleh team Otomotif ini YZF R15 unggul telak dari All New CBR 150R dan Minerva RX150. All New CBR 150R hanya unggul di sesi power on dynotest.

Oke, gak usah bingung sobat, perbedaan hasil bisa saja terjadi antar komparasi yg dilakukan.
Oke langsung saja kita bahas :

1. Tempat dan waktu pengetesan.
Pada tabloid MotorPlus dilakukan komparasi head to head antara kedua jagoan tersebut di Sirkuit Sentul. Sedangkan data di tabloid Otomotif tidak disebutkan lokasi pengetesan, serta waktu pengetesan dilakukan secara serentak atau hanya komparasi data dari arsip lama.
Mungkin saja data yg dibandingkan adalah dari arsip pengetesan, karena dapat dilihat data All New CBR 150R, nilainya sama persis dengan data pada edisi sebelumnya, yaitu terbitan nomor 20:XXIV.
Kondisi lintasan yg berbeda, cuaca yg berbeda, tentu saja sangat berpengaruh terhadap hasil pengetesan.


image

2. Kondisi dan Skill sang tester.
Saat komparasi antara All New CBR 150R vs YZF R15 dilakukan oleh team MotorPlus, bahkan mereka memakai jasa pembalap professional Tommy Patria. Sedangkan team Otomotif menggunakan jasa Mr. Testo, tetapi tidak dijelaskan apakah orang yg sama atau tidak saat mereka melakukan komparasi antar motor tersebut.
Skill rider yg melakukan pengetesan sangat berpengaruh karena menyangkut kecepatan shifting presneling, ketepatan waktu shifting, dll. Sehingga akan lebih adil apabila data komparasi antar motor tersebut dilakukan oleh orang yg sama.
Misalnya team tabloid A menggunakan jasa tester si A, untuk melakukan pengetesan motor yg dikomparasi.
Kemudian tabloid B menggunakan jasa tester si B untuk melakukan komparasi. Jadi akan berbeda hasil apabila tabloid A memakai tester A dan C kemudian datanya dibandingkan. Atau tabloid B menggunakan jasa si B dan D kemudian dibandingkan.

3. Kondisi Unit test.
Team MotorPlus tidak menyebutkan unit test yg digunakan, tetapi kemungkinan sama-sama kondisi gress. Sedangkan team Otomotif memberikan catatan :
“Data dyno diambil dari hasil test ulang pada unit test yg berbeda. Unit test yg dipakai bukan motor gres keluar dari pabrik (R15 dan RX150), kecuali All New Honda CBR 150R.”
Nah ini menjelaskan bahwa kondisi motor berbeda, ada yg sudah lama maupun gres dari pabrikan, saat dilakukan pengujian ulang dynotest. Seperti diketahui, kondisi motor gres dari pabrik bisa berbeda dengan kondisi motor yg bukan gres. Motor yg masih gres biasanya masih memerlukan penyesuaian antar komponen agar mencapai kondisi optimum.

4. Alat ukur yg digunakan.
Team MotorPlus menggunakan alat ukur Vericom VC-3000. Sedangkan team Otomotif menggunakan alat ukur Racelogic.
Perbedaan alat ukur dapat berbeda hasil, tergantung keakuratan kalibrasinya.

Mungkin masih ada beberapa faktor yg lainnya yg dapat menyebabkan hasil pengetesan yg berbeda, namun kesimpulannya adalah :
Perbedaan performa antara All New CBR 150R dan YZF R15 boleh dibilang masih seimbang, tidak terlalu jauh significant bedanya, masing-masing memiliki karakter yg berbeda. Powerful atau torque.
Tiap motor memiliki keunggulannya, tergantung kebutuhan kita.
So, pilihlah yg sesuai selera, yg dirasa cocok dengan kemauan kita, karena tiap produk pasti ada keunggulan dan kekurangnnya masing-masing. Jadi, tidak usah bingung ya mas bro, mbak sist….
Apabila sobat memiliki pendapat, mohon berkenan share di kolom komentar.
Mantapkan pilihanmu.. hehehe..
(Prast)

Iklan

Komentar»

1. swallowbiru - September 27, 2014

Rasah bingung. Buktikan sendiri di jalan. Hehehe…

Suka

prasetyo676 - September 27, 2014

Betul mas bro, gak usah bikin bingung.
Klo dah sreg dan sesuai selera ya diboyong, dirasain sendiri motornya. Semua punya plus minus. 🙂

Suka

2. The Green Blog - September 27, 2014
prasetyo676 - September 27, 2014

Iya mas bro, klo test ride sendiri lebih mantap. Alahamdulillah tadi dah nyoba All New CBR 150R saat launching di Bekasi.

Suka

3. KLX Adventure - September 27, 2014

Menurut saya dua motor ini dari segi performa beda tipis. Tinggal pilih model aja, sama mana yang lebih cepet dapat.

=================

All New Honda CBR150R Diluncurkan di Surabaya, Harga OTR Rp 29,25 Juta http://klxadventure.com/2014/09/27/all-new-honda-cbr150r-diluncurkan-di-surabaya-harga-otr-rp-2925-juta/

Suka

prasetyo676 - September 27, 2014

Iya mas bro, pilihan ditangan konsumen. Sesuaikan dengan yg sreg.

Suka

4. megakoenz - September 27, 2014

hehe… apapun hasilnya, ane udah beli CBR lokal dan nggak kecewa kok masbro. Mantap abisss… Soal data kecepatan? ah ndak begitu penting. yang penting akselerasi oke, topspeed lumayan, buat boncengan ndak pegel, fungsional banget.. plusnya ya, mukanya mirip kakak2nya cbr250, 300 … apalagi ya, wis pokoe joss lah.. puas ama nih motor. nyaman dikendarai

Suka

prasetyo676 - September 27, 2014

Siiip.. selamat ya mas bro.. semoga motor barunya memuaskan dan awet.
Makasih mas dah mampir.

Suka

trisno - September 27, 2014

komsumsi bbm gmn gan?
lam nal

Suka

prasetyo676 - September 27, 2014

Nah konsumsi bbm nya ini selisih lumayan jauh, sekitar 9.5 km per liter. Ini juga kurang dijelaskan metode test dan jalurnya gan..

Suka

prasetyo676 - September 27, 2014

Kalau berdasar test Otomotif, konsumsi bbm CBR 28.69 km/liter. R15 38.2 km/liter.
Salam kenal juga mas Trisno. Makasih dah mampir.

Suka

5. ERC31 - September 30, 2014

dua2nya bagus, ora usah padu….tapi kudu nyelengi sek duite durung cukup…..

Suka

prasetyo676 - September 30, 2014

Siip.. pilih yg dianggap paling sesuai buat kita. Kalau penasaran bisa coba test ride dua2nya. Makasih mas dah mampir.

Suka

6. klump - November 17, 2014

Sebagai pengguna All New CBR 150R selama hampir 3 tahun (Thailand CBU) saya rasa, memang ada sedikit perbedaan power dan torsi dengan All New CBR 150R lokal, seminggu yg lalu saya coba test apakah sebenernya dari data spesifikasi yg beredar bahwa torsi cbr lokal memang lebih mantap, maka saya coba dengan anggota club cbr lokal di kota saya tinggal yg kebetulan juga baru gabung di club (catatan, motor saya std tidak ada ubahan, hanya memakai oli motul 5100 Ester semi synthetic, dan pertamax 92) ketika adu drag sejauh 1,3 km krg lebih menurut pandangan saya, ketika awal start, memang cbr lokal lebih mumpuni (sedikit lebih cepat, entah apakah dia ngegas pada titik rpm yg pas atau gimana), pasa kecepatan 102 km/h di gigi 3, cbr lokal semakin terkejar oleh saya, dan pada akhirnya semakin tertinggal dibelakang saya cukup jauh jika dilihat dari spion. Lalu di posisi gear 6 (top 157km/h), saya baru tau, ternyata memang ubahan di sektor engine cbr lokal bukan isapan jempol, selain ubahan pada final drive juga (sprocket berubah 14-45 kalau saya tidak salah) sedangkan cbr saya 14-43. Cukup membuktikan bahwa Honda meluncurkan produk lokal yg kurang mumpuni bisa saya simpulkan, karena, memang saya akui untuk fairing yg lebih superbike-looks. Untuk performa mungkin sedikit mengecewakan bagi saya. Untuk lawan R-15 emmm.. Jujur saja, karena peluncuran baru” yg sangat booming beberapa waktu lalu, memang membuat ridernya jadi lebih pede, tapi kalo soal performa, saya bisa dengan lantang mengatakan kalau All New CBR 150R Thailand atau lokal memang BUKAN TANDINGAN sport bike garpu tala ini, mulai dari Vixion, Byson, Hingga Scorpion, sudah pernah saya adu, dan dalam kondisi standar, (beberapa sport lawan bahkan memakai part racing, mulai dari exhaust race dll) untuk mahkota kelas 150cc 4tak memang saat ini masih dipegang oleh All New CBR 150R. Salam untuk seluruh Anggota Club CBR Indonesia BROTHERHOOD!.

Suka

prasetyo676 - November 17, 2014

Wah lengkap nih ceritanya mas bro. All New CBR 150R menggunakan sprocket ukuran 46 mata. Makasih mas dah mampir, salam kenal dan keep Brotherhood.

Suka

7. Modifikasi Honda All New CBR150R Dengan Delatbox Look Terlihat Makin Padat Berisi – Sistem PnP Nih Gan | prasetyo676.com - Januari 26, 2015

[…] ● Hasil Komparasi All New CBR 150R vs YZF R15 Berbeda Antar Media – Tidak Perlu Bingung Sobat […]

Suka

8. tistes - Februari 26, 2015

lol

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: