Iklan
jump to navigation

Servis Rem dan Ganti Rantai Keteng Si Macan Silver November 9, 2014

Posted by prasetyo676 in General, Honda, Tips & Tricks.
Tags:
trackback

image

Prast 676 – Salam penuh semangat brother dan sister, semoga dalam keadaan sehat dan lancar dalam menjalankan aktifitas.
Pada hari libur ini, tunggangan harian saya Tiger Revolution berwarna silver sedang menjalani operasi di bengkel Jaya Motor di daerah Bekasi Timur. Yup, sudah sekitar 2 minggu terakhir ini Tiger atau Si Macan Silver saya agak kurang fit. Rem depan terasa ngempos dan ketika dilihat pada bagian karet seal pada master rem sudah sobek, yah maklum motor sudah tua, dari awal beli pada tahun 2006 sampai saat ini belum pernah ganti seal master rem depan. Si Macan Silver ini sudah sekitar 11 kali menempuh perjalanan pergi-pulang melintasi jalur Bekasi sampai Yogyakarta, Solo. Serta perjalanan singkat seperti Yogyakarta-Solo, Salatiga, Semarang, Magelang. Untuk daerah Bekasi, Jakarta, dan seputar Jawa Barat juga sudah banyak yg pernah disinggahi. Yup, cukup lumayan jarak yg sudah ditempuh oleh Si Macan Silver ini, menemani kegiatan saya, dalam suasana suka dan duka, panas, dingin, bahkan diterpa hujan badai. Hehehe… Lebay mode on 🙂

image

Selain itu, Si Macan Silver juga sudah tiba waktunya untuk ganti rantai keteng atau kadang disebut rantai kamprat. Suara berisik pada areal mesin sebelah kiri saat mesin awal dinyalakan, terutama pada waktu mesin masih kondisi dingin di pagi hari.
Sebenarnya keinginan untuk mengganti rantai keteng ini sudah sejak seminggu lalu, namun dikarenakan ada kegiatan lain, yaitu hadir ke event IMOS (Indonesia Motorcycle Show) 2014 di JCC Senayan, maka keinginan itu urung dilakukan. Nah baru pada hari ini Si Macan Silver dapat saya bawa ke bengkel langganan.

image

Rantai keteng yg dipilih berkode HC92R-H102, dengan ciri warna rantai terlihat lebih gelap, keabu-abuan, serta bagian cekungan tiap matanya lebih dalam. Oiya rantai keteng ini saat ini (09 November 2014) dijual dengan kisaran harga Rp. 235 – 245 ribu, sedangkan untuk yg pilihan satunya lagi (lokal) berwarna lebih cerah dan terlihat mengkilap, serta terdapat kode huruf M pada mata rantainya. Untuk rantai keteng lokal tersebut saat ini dijual dengan harga di bawah Rp. 125 ribu. Mungkin bisa naik apabila terjadi kenaikan harga BBM Nasional.

Sekian dulu mas bro dan mbak sist sharing kegiatan servis master rem serta ganti rantai keteng Si Macan Silver (Tiger Revolution tahun 2006) yg menjadi tunggangan harian saya. Apabila sobat punya pengalaman dengan perawatan sepeda motor kesayangan, silahkan share di kolom komentar.
(Prast)

E-mail : prasetyo676@gmail.com

Iklan

Komentar»

1. The Green Blog - November 9, 2014
prasetyo676 - November 9, 2014

Silahkan mas kang bro… 🙂
Pertamax masih murah di sini. Hehehe..

Suka

2. Asep Juga - November 9, 2014
prasetyo676 - November 9, 2014

Juoss.. hehehe…
wah P200 Motard.

Suka

3. JaYa Marp - Desember 27, 2014

mas bsa pesan rantai keteng tigr HC92R?

Suka

4. Jeck - November 30, 2016

Saya punya kendala nih..master rem depan tiger revo 2008..
Begitu ditekan rem depan tak mau balik kayak nyangkut di dalam gitu
..ade punya solusi ke…ada Yg bilang ganti pakai megapro ori.. Itu sama katanya..apa benar??
Mohon penjelasanya
Terima kasih

Suka

prasetyo676 - Desember 1, 2016

Terima kasih sudah berkenan mampir ke blog prasetyo676.com.
Penyebab rem depan macet, biasanya karena piston dan pegas panda master rem kurang bebas gerakannya. Coba dibersihkan dahulu part2 tersebut, atau lebih baik diganti yg baru.
Terima kasih,

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: