Iklan
jump to navigation

Mengenal Lebih Dekat Tiger Explorer 2015 – Ini Baru Biangnya Tiger : Kekar, Canggih dan Powerful Oktober 7, 2014

Posted by prasetyo676 in Triumph.
Tags: ,
trackback

image


Prast 676 – Salam penuh semangat brother dan sister, semoga dalam keadaan sehat dan lancar dalam menjalankan aktifitas.
Pada kesempatan kali ini akan kita bahas mengenai motor bernama Tiger. Yup, sebuah nama yg sudah sangat familiar bagi sobat sekalian tentunya.. Eittss.. tapi tunggu dulu, kali ini yg akan kita bahas bukanlah Honda Tiger GL200 yg sudah sangat legendaris di Indonesia, tetapi yg saya maksud adalah Tiger Explorer dari pabrikan Triumph.

image

Yup, belum lama ini Triumph memperkenalkan line-up motor produksinya kepada khalayak umum di Indonesia. Diantara jagoan yg diperkenalkan, salah satunya adalah Tiger Explorer ini. Motor yg boleh dikatakan masuk kategori adventure bike ini tampil cukup memukau.
Sosoknya besar, kekar dan gagah, mencirikan motor yg siap diajak berpetualang. Double Headlamp yg diusungnya memiliki shape yg berkontur menyiku, membuatnya terlihat garang dan berkarakter.

image

Seperti umumnya motor adventure ataupun enduro, Triumph Tiger Explorer ini mengaplikasi setang yg cukup lebar (mencapai 885 mm).
Meskipun begitu, posisi setang yg ditempatkan cukup tinggi, membuat sang rider nyaman dan betah selama riding bersamanya.
Speedometer yg digunakan bertipe digital dan ditemani tachometer model analog yg mudah dipantau.

image

Bentuk tangki bahan bakar terlihat kekar dan besar, yup maklum saja kapasitasnya mencapai 20 liter. Terdapat shroud pada bagian kiri kanan tangki yg secara desain tampak sinkron dengan desain tangki secara keseluruhan. Oiya, Tiger yg ini tutup tangki sudah rata lho.. πŸ™‚

Tiger Explorer dilengkapi dengan mesin 3 silinder berkapasitas 1215 cc yg mampu menghasilkan power maksimum 137 BHP pada 9300 rpm dan torsi maksimum sebesar 121 Nm pada 6400 rpm.

image

Untuk menunjang keperluan adventure, maka Tiger Explorer dilengkapi dengan bracket yg bisa dipasangkan box, sehingga urusan membawa bekal tidak menjadi masalah apabila memakai motor ini. Terdapat tiga buah box dengan ukuran ekstra besar.

Spesifikasi Triumph Tiger Explorer adalah sebagai berikut :

β–  Dimensi :
● Panjang : 2248 mm
● Lebar Setang : 885 mm
● Tinggi (Tanpa Spion) : 1410 mm
● Tinggi Jok : 837-857 mm
● Jarak Sumbu Roda : 1530 mm
● Sudut Rake : 23.9Β°
● Trail : 105.5 mm
● Kapasitas Tangki BBM : 20 liter
● Berat Isi : 259 kg
● Berat Kosong : 228 kg

β–  Mesin dan Performa :
● Kapasitas Mesin : 1215 cc
● Tipe Mesin : 3 Silinder
● Tenaga Maksimum : 137BHP @ 9300 rpm
● Torsi Maksimum : 121NM @ 6400 rpm
● Konsumsi BBM : 45mpg

Melihat spesifikasi Triumph Tiger Explorer ini, memang secara dimensi lebih cocok digunakan oleh biker dengan postur yg tinggi besar. Yup, simak saja tinggi jok yg mencapai 837-857 mm, tinggi motor (tanpa spion) 1410 mm, jarak sumbu roda (wheelbase) 1530 mm, serta berat isi yg mencapai 259 kg.

Sebagai gambaran tinggi dan besarnya Tiger Explorer, dapat dilihat pada foto paling atas, saat saya berdiri di samping motor ini. Tinggi windshield melebihi tinggi pundak saya (tinggi saya 171 cm, memakai sepatu dengan sol sekitar 1.5 cm).

image

Triumph Tiger Explorer memiliki knalpot yg posisi silencer-nya cukup tinggi, sehingga tentu saja meningkatkan ketangguhannya saat melewati jalanan jelek atau terdapat genangan air.

image

Guna mendukung keamanan serta kepercayaan diri saat melewati jalanan yg licin, maka Tiger Explorer sudah dilengkapi dengan sistem kontrol traksi (traction control) sebagai kelengkapan standar.
Sistem kontrol traksi tersebut membaca putaran roda depan dan roda belakang, serta mengkombinasikan dengan parameter mesin, sehingga traksi roda ke jalan senantiasa terjaga.

image

Dengan tongkrongan yg besar, gagah, berkarakter, serta memiliki fitur yg mumpuni, apalagi ditambah brand yg tergolong exclusive, maka tentu saja harga jualnya tidaklah murah. Yup, TriumphΒ  Tiger Explorer ini dibanderol Rp. 525 juta (off the road). Silahkan hitung untuk harga on the road nya.. hihihi.. πŸ˜€
So, bagi sobat yg tertarik untuk memiliki atau ingin melihat Tiger Explorer ini, dapat berkunjung ke dealer Triumph di Jalan Pejaten Barat Nomer 6, Jakarta.

Gimana pendapat sobat mengenai Triumph Tiger Explorer ini? Silahkan share di kolom komentar.
Kalau harapan saya pribadi sih, moga aja Triumph Tiger Explorer yg berpenampilan kekar, gagah serta bermesin powerful bisa jadi inspirasi bagi AHM untuk menelurkan penerus sang legendaris Tiger GL200. Hehehe.. πŸ™‚
(Prast)

Iklan

Komentar»

1. KLX Adventure - Oktober 7, 2014

Ini baru macan

===========

Kawasaki KLR 650, Petualang Tangguh dengan Bentuk yang Aneh http://klxadventure.com/2014/10/06/kawasaki-klr-650-petualang-tangguh-dengan-bentuk-yang-aneh/

Suka

prasetyo676 - Oktober 7, 2014

The real tiger.. segala medan bisa diterabas.

Suka

2. wtf170 - Oktober 7, 2014

gede bener…..
tangki rata?ngahahaha

Suka

prasetyo676 - Oktober 7, 2014

Gede dan tentu saja, tutup tangki rata. Hehehe… πŸ™‚

Suka

wtf170 - Oktober 7, 2014

Gak kayak sport sebelah ya berarti πŸ˜€

Suka

prasetyo676 - Oktober 7, 2014

Hehehe… yg sebelah dah rata juga kan sekarang mas, tapi tipe motor yg lain. Hehehe.. πŸ™‚

Suka

wtf170 - Oktober 7, 2014

Tahun depan ratany …
Ngikut adikny

Suka

prasetyo676 - Oktober 7, 2014

Hehehe… tahun depan jadi muncul gak ya. πŸ™‚

Suka

wtf170 - Oktober 7, 2014

Insya Allah… πŸ˜€

Suka

prasetyo676 - Oktober 7, 2014

Aaamiin… πŸ™‚

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: