Iklan
jump to navigation

Isi Naskah Deklarasi Soichiro Honda pada Tahun 1954 Saat Menyatakan Siap Berpartisipasi dalam Balapan Tourist Trophy Mei 25, 2014

Posted by prasetyo676 in General, Honda.
Tags: , ,
trackback

Prast 676 – Salam penuh semangat brother dan sister, semoga dalam keadaan sehat. Kali ini akan kita bahas sepotong sejarah pabrikan motor terbesar di dunia. Yup, Honda, siapa sih yg gak kenal dengan brand sepeda motor ini.. bahkan di beberapa daerah sampai menyebut motor dengan kata “honda”, meskipun motor yg disebut adalah merk lainnya. Contoh, honda Vixion, honda Scorpio, honda Shogun, honda Mio, dll.. hehehe.. ๐Ÿ™‚

image

Pada artikel ini tidak saya bahas mengenai sejarah lengkap brand Honda, tetapi hanya akan saya share mengenai isi teks atau naskah deklarasi Honda pada saat menyatakan diri siap ikut serta dalam ajang balap legendaris, Tourist Trophy. Naskah deklarasi tersebut dibuat oleh Soichiro Honda, sang pendiri pabrikan Honda.
Deklarasi ini merupakan tonggak sejarah Honda dalam mengikuti ajang balap tingkat internasional, sehingga selanjutnya membuat namanya tenar dan disegani di seantero dunia.

image

Berikut ini teks lengkap naskah deklarasi yg dibuat oleh Soichiro Honda pada tanggal 20 Maret 1954 :

DEKLARASI

Saat ini, setelah lima tahun lebih sejak berdirinya Honda Ltd., dengan diperolehnya hasil baru yg menakjubkan sebagai wujud kristalisasi dari usaha semua karyawan, saya menyampaikan terima kasih.

Cita-cita saya sejak kecil adalah menjadi pemenang dalam balap motor dunia dengan menggunakan motor buatan sendiri. Akan tetapi, sebelum menjadi pemenang di arena dunia, pertama-tama kita harus berusaha dan berkonsentrasi terhadap stabilitas perusahaan, infrastruktur yg presisi, dan desain yg andal, untuk memberikan produk (motor) yg hebat kepada konsumen dalam negeri sehingga tidak sempat memperhatikan balap motor.

Namun berdasarkan laporan pagi ini tentang balap motor internasional yg sedang diselenggarakan di San Paolo, saya dapat mengetahui semua kondisi di negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. Meskipun sebetulnya saya tidak berniat untuk terpaku pada kondisi dunia, saya akhirnya menyadari bahwa saya terlalu memikirkan kondisi di Jepang. Saat ini, dunia sudah maju sedemikian pesatnya.

Dengan demikian, sebaliknya akan timbul keinginan di masa depan, yaitu keinginan untuk membangkitkan spirit rasa percaya diri untuk menang sehingga pemikiran yg ada pada masa sebelumnya sudah tidak layak lagi.

Persiapan produksi yg sudah lengkap dewasa ini membangkitkan rasa percaya diri sehingga sampailah kita pada momen yg baik. Jadi, saya memutuskan bahwa tahun depanlah saatnya untuk ikut dalam “TT Race”.

Sampai saat ini belum ada orang Jepang yg mengendarai motor buatan Jepang berlaga pada balapan ini. Dengan menyelesaikan semua putaran tanpa kecelakaan baik pengendara maupun motor (maksudnya rusak), seseorang akan mendapat sebutan motor yg hebat (excellent) dan akan mengejutkan dunia.
Sebutan itu tentunya akan mempengaruhi volume ekspor. Oleh karena itu, seluruh kekuatan produsen besar dari Jerman, Inggris, Italia, dan Perancis, berkonsentrasi mempersiapkan balap ini.

Saya akan membuat motor balap (racer) 250 cc (kelas menengah) yg akan mewakili Honda Ltd., untuk tampil di pentas dunia tersebut. Saya yakin, motor ini akan dapat melaju sampai dengan kecepatan 180 km/jam.

Meskipun satu unit mesin penggerak pesawat terbang yg hebat mampu menghasilkan tenaga 55 PS (tenaga kuda), mesin motor balap ini mampu menghasilkan sekitar dua kali lipatnya, yaitu sebesar 100 PS per unit. Jika mesin yg merupakan karya asli pabrik kami selesai dibuat, tidak berlebihan jika dikatakan sejajar dengan teknologi tingkat tinggi di dunia.

Motor yg merupakan bintang industri berat modern, seperti industri mesin, ban, rantai, karburator, dan yg lainnya, menuntut teknologi tingkat tinggi. Dan, di balik semua itu, perhatian yg seksama dan usaha yg keras tetap harus ada.

Wahai para karyawan semua!
Mari kita satukan seluruh kekuatan Honda Ltd., untuk menggapai mahkota kemenangan. Masa depan Honda Ltd., berada di pundak Anda. Saya mengharapkan kalian semua mencurahkan semangat yg keras, bertahanlah terhadap semua aral melintang, dan capailah jalan masing-masing untuk menuju pekerjaan pengembangan yg presisi.
Loncatan Honda Ltd., merupakan perkembangan manusia (human being) di diri Anda semua sehingga pertumbuhan Anda akan menjanjikan masa depan Honda Ltd.

Hanya dengan kecermatan dan ketelitian sajalah jalan Anda dan jalan Honda Ltd., akan terbuka.
Kita beruntung karena diberkahi kondisi yg sangat bagus untuk dapat berkonsentrasi pada hal ini, yaitu adanya kerja sama yg besar dari para vendor, agen, bank-bank terkait, dan semua pecinta motor.

Dengan memperhatikan hasil rekonstruksi hebat yg dilakukan Jerman yg juga merupakan negara kalah perang, Honda Ltd., harus berhasil pada proyek yg sulit ini.
Industri mesin Jepang sedang dipertanyakan. Oleh karena itu, kita harus menunjukkan kepada dunia. Misi Honda Ltd., adalah memberikan pembelajaran pada industri Jepang.

Pada kesempatan ini, saya menyampaikan ketetapan hati untuk ikut dalam Balapan TT. Dan, agar menang, saya berjanji bersama Anda semua untuk mencurahkan seluruh hati dan perasaan serta akan berusaha sekuat tenaga.

Demikian deklarasi saya.

20 Maret 1954
Presiden Direktur Honda Ltd.

SOICHIRO HONDA

image

Dari pernyataan Soichiro Honda dalam naskah deklarasi tersebut, ada beberapa hal yg patut kita contoh.
Soichiro Honda mempunyai cita-cita yg tinggi, serta diiringi dengan semangat, kemauan, tekad yg kuat, serta totalitas untuk meraih cita-cita tersebut. Hal tersebut memang sesuai dengan slogan Honda saat ini, The Power of Dream.
Semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi dan bermanfaat bagi kita semua.
(Prast)

Sumber naskah deklarasi : Buku Honda Conquer the World’s Top Race

Iklan

Komentar»

1. warungasep - Mei 25, 2014
prasetyo676 - Mei 25, 2014

Iya kang, mengispirasi supaya kita punya cita-cita dan tekad kuat untuk meraihnya. Moga kita juga bisa, aamiin..

Suka

2. enoanderson - Mei 26, 2014

Wah, Naskah Ini waktu itu kelupaan gak saya cantumin di cerita opa Soichiro. . . xixixi
Mantap joss massbro. . . :mrgreen:

http://enoanderson.com/2014/05/12/kisah-soichiro-honda-sang-pendiri-pabrikan-honda-part-3-tamat/

Suka

prasetyo676 - Mei 26, 2014

Hehehe.. ditambahin aja mas bro, biar makin lengkap. Kisah tokoh otomotif yg lainnya kapan mas mau diulas?

Suka

enoanderson - Mei 26, 2014

Lagi banyak ulasan motor 250cc nih mass yang lagi hott ๐Ÿ˜€
Sampe arrtikel CBR1K & Tokoh lainnya juga diundur-undur terus. . . . hehehe ๐Ÿ˜€

Suka

prasetyo676 - Mei 26, 2014

Siiip… ditunggu deh nanti ulasannya mas.

Suka

3. RPMspeed - Mei 27, 2014

wih pake deklarasi segala ๐Ÿ˜€

——————————–
Kenali Berbagai Safety Riding Gear
http://rpmsuper.wordpress.com/2014/05/27/safety-gear-untuk-berkendara/

Suka

prasetyo676 - Mei 27, 2014

Iya mas, mungkin biar semangat.

Suka

4. motobikerz - Mei 29, 2014

Wuih.. wanita cantik ikut Touring Ducati Superbike Owners di Belitung
http://motobikerz.com/archives/4878

Suka

5. motobikerz - Mei 30, 2014

Nih dia.. Kawasaki Z1000 yang jatuh di TT Isle of Belitung 2014 http://motobikerz.com/archives/4897

Suka

6. motobikerz - Mei 30, 2014

2 riders bule ikut ajang Isle of Belitung TT 2014
http://motobikerz.com/archives/4904

Suka

prasetyo676 - Mei 30, 2014

Mantap..

Suka

7. salapan tilu - Juni 8, 2014

Opa soichiro emang Josssss………..

Suka

prasetyo676 - Juni 9, 2014

Jadi inspirasi bro..

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: