jump to navigation

Line-up Sepeda Motor Buatan Maserati April 6, 2015

Posted by prasetyo676 in General, History, Story.
Tags: , , ,
trackback

Prast 676 – Salam penuh semangat brother dan sister, semoga sehat dan lancar beraktifitas.

image

Melanjutkan artikel tentang Maserati. Yup, seperti pernah kita bahas pada artikel terdahulu, bahwa Maserati yang selama ini kita kenal akan mobil eksotisnya, ternyata juga terdapat divisi pembuat sepeda motor. Benarkah demikian? Langsung saja kita bahas bersama.
Bersumber dari website maserati-alfieri.co.uk, bahwa Maserati tidak memproduksi sepeda motor di pabrikanya yang berlokasi di Modena, Italia. Namun, sepeda motor dengan brand Maserati merupakan produksi perusahaan Orsi Group.

Orsi Group sebelumnya lebih dikenal dengan produk busi, batre atau accu, serta bohlam untuk sepeda motor.
Patut diketahui, bahwa Carlo Maserati pada awal karirnya dalam dunia engineering adalah saat pertama kalinya membangun sebuah mesin satu silinder yang kemudian dicangkokan pada sebuah sepeda, sehingga jadilah sepeda motor. Jadi, sepeda motor bukanlah hal baru bagi Maserati. Namun, patut diingat lagi, meskipun memiliki logo yang sama, namun Maserati pembuat mobil merupakan perusahaan yang terpisah dengan pembuat sepeda motor.

The badge is the same but the maker isn’t!

Kalau kita bahas tentang sejarah sepeda motor dengan logo Maserati, tentu akan sangat panjang, sehingga pada artikel ini langsung saja kita lihat line-up sepeda motor yang pernah dibuat dan memakai logo Maserati. Oke, langsung saja, cekidot..

Berikut ini merupakan tabel line-up model sepeda motor Maserati yang pernah dibuat mulai tahun 1953 hingga tahun 1960 :

image

Line-up model sepeda motor Maserati

Sepeda motor yang diproduksi memiliki kapasitas mesin yang beragam, mulai dari 49.6cc, hingga yang paling besar adalah 246.2cc.
Mengenai tampilan beberapa sepeda motor beserta spesifikasinya, dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

image

Line-up sepeda motor 50cc

image

Line-up motor roda 3 serta 75 dan 125cc

image

Line-up sepeda motor 125, 160, dan 250cc

Sebagai tambahan informasi, bahwa pada tahun 1958, perusahaan pembuat sepeda motor Maserati ini mengalami kesulitan finansial.
Dengan berbagai macam alasan, beberapa konsumen dari luar negeri menolak pembayaran dan akhirnya menghentikan pemesanan.
Selanjutnya, untuk pasar domestik pun juga mengalami penurunan permintaan yang cukup drastis. Hal ini bukan hanya disebabkan oleh persaingan dari para kompetitor seperti Morini, MV Agusta, Benelli, Laverda, dan yang lainnya. Akan tetapi, juga disebabkan oleh mobil berharga kompetitif buatan FIAT. Secara umum, hal tersebut menyebabkan efek yang cukup signifikan bagi para pelaku industri sepeda motor di Italia.

Meskipun begitu, sebenarnya perusahaan saat itu memiliki potensi untuk memperbesar volume penjualan, namun perlu suntikan dana yang cukup besar. Pada akhirnya di tahun 1960 Maserati Candele, Accumulatori e Moto dilikuidasi. Memang sungguh ironi, karena disaat market mobil Maserati menanjak, tetapi disisi lain perusahaan yang memproduksi sepeda motor dengan brand Maserati justru bangkrut. Tetapi, setidaknya nama Maserati pernah melekat pada beberapa produk sepeda motor, dan akan selalu dicatat dalam sejarah dunia otomotif.
(Prast)

E-mail : prasetyo676@gmail.com

Komentar»

1. kusnanto - April 7, 2015

mirip DKW ya

Disukai oleh 1 orang

prasetyo676 - April 7, 2015

Iya modelnya rada mirip kang.. mungkin pada jaman itu memang lagi trend model seperti itu.

Disukai oleh 1 orang

kusnanto - April 7, 2015

jian klasik yg nyata

Suka

2. Datuk Toman - April 7, 2015

Weh motor jadul semua.. Padhal mobil2nya jozzz…

Disukai oleh 1 orang

prasetyo676 - April 7, 2015

Iya kang, memang produksinya juga era tahun 50an. Klo mobil Maserati memang juozzzzz…
Makasih nih kang, dah mampir.

Suka

3. Azis Karim - April 7, 2015

Banyak jg ya

Suka

prasetyo676 - April 22, 2015

Iya, lumayan banyak mas, modelnya.

Suka


Tinggalkan komentar